Sunday, December 5, 2010

Pengertian Sepak Bola dan Sejarahnya

Sepak bola adalah permainan bola yang sangat populer di seluruh belahan dunia dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan sebelas orang.

Bangsa Rumawi yang membawa permainan tsb ke England mereka menamakannya "Harpascum", walaupun demikian 3000 tahun yang lampau orang China pun telah mengenal permainan yang disebut "Tsu Chu" (Tsu - menendang & Chu adalah bola) dalam waktu yang hampir bersamaan di Jepang juga ada permainan yang sama yang disebut "Kemari".

Bola pernah ditemukan bukti-buktinya sebagai permainan para prajurit China sekitar abad ke 2 - 3 zaman pemerintahan Dinasty Han. Belakangan ditemukan juga bukti keberadaan sepak bola di Kyoto, Jepang. Di Indonesia, sepak bola pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Belanda, perkembangannya pun menjadikan sepak bola menjadi sebuah kelompok bergengsi pada saat itu.

Kelahiran sepak bola modern memang lahir dari Inggris. Keberadaannya pun digunakan sebagai olah raga "perang". Saat itu ada semacam kepentingan pelampiasan antara Inggris dan Scotland. Satu bola diperebutkan dua kampung. Permainannya pun cenderung kasar dan brutal. Gak heran kalau akhirnya banyak makan korban.

Ada kisah yang menyeramkan pula. Bahwa sepak bola kuno di timur Inggris bukan menggunakan bola, melainkan kepala musuh prajurit perang lawan. Dengan cara dan pola permainan seperti itu, maka sepak bola akhirnya dilarang oleh pemerintahan Inggris.

King Edward III tahun 1331 mengeluarkan aturan untuk menghentikan permainan brutal ini. Sementara di Scotland, King James 1 pada tahun 1424 memproklamirkan kepada semua pria untuk tidak main bola - "That na man play at the Fute-ball". Begitu pun seterusnya

Pada tahun 1848 beberapa mahasiswa dari Universitas Cambridge pertama kalinya membuat peraturan dari permainan sepak bola tsb. Dan pada tahun 1863 Footbaal Association (FA) di England didirikan dan pada tahun 1871 pertandingan sepakbola pertama yang diberi hadiah piala (beker). Di tahun 1885 mulai adanya pemain profi atau pemain bayaran, sedang persatuan sepak bola dunia Federation Internalionale de Footbal (FIFA) baru dibentuk pada tahun 1904.

Stadion sepak bola yang terbesar di dunia ialah Maracana di Rio de Janeiro (Brasilia) yang mampu menampung hingga 120.000 orang penonton, walaupun demikian pada saat bertanding dengan Uruguay ternyata mereka bisa tetap menampung 200.000 orang. Stadion yang paling modern dari segi arsitekturnya ialah San Siro (Giuseppe Meazza Stadion) di Milan - Italy disini adalah basis tempat bermainnya dari AC Milan. Tetapi stadion yang paling terkenal didunia ialah Wembley Stadion di England yang dihias dengan dua menara di depan stadion, maka dari itulah Pele menyebutnya sebagai "Gerejanya sepak bola".

Dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada saat ini banyak manusia yang benar-benar memberhalakan bola untuk pertandingan sepak bola mereka bersedia melakukan apa saja. Di Korea orang bunuh diri dengan cara membakar dirinya hidup-hidup karena bola, di Jerman seorang ayah membanting bayi nya hingga mati, karena merasa terganggu oleh tangisan bayi tersebut, ketika ia sedang asyik nonton bola. 


sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola

No comments:

Post a Comment

Post a Comment