Wednesday, August 10, 2011

Situs 4shared Akan Diblokir Menkominfo

- Ternyata pemerintah sejauh ini belum memblokir satupun situs unduhan lagu gratis. Pemerintah akan memprioritaskan situs terkenal untuk diblokir seperti situs 4shared.com.

"Sekarang belum ada yang diblokir. Rencananya yang akan diblokir situs-situs top, misalnya 4shared," kata Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, usai launching mobil internet di Bandung, Jawa Barat, Senin (8/8/2011).

Tifatul menjelaskan, 4shared merupakan situs anak muda penyedia video, musik, grafis dengan kapasitas besar. Menurutnya, 4shared melanggar UU IT yakni tentang penyebaran karya orang lain tanpa ijin. "Ancamannya 12 tahun penjara," sebutnya.

Pemblokiran tersebut sudah disiapkan secara sistematis. Situs yang akan menjadi prioritas untuk diblokir adalah situs domestik atau lokal. "Ya domestik dulu, ini yang selama ini paling menderita. Lagunya aja Gubug Derita," kelakarnya.

Saat ini, tim Kominfo sedang bekerja sama dengan para kreator dan asosiasi musik. Misalnya Sam Bimbo dan Titiek Puspa, tuturnya, mengaku sudah lama dipermainkan oleh para penjual lagu di internet. "Entah berapa lagu yang laku tapi para kreator tetap miskin. Ini harus diproteksi," tegasnya.


http://faktabukanopini.blogspot.com/


Namun, pemerintah tidak akan main tutup saja tetapi menyiapkan juga solusinya. Misalnya penyedia musik harus legal dengan cara membeli lagu dari kreator lagu. Penyedia musik juga harus melakukan perjanjian dengan pihak yang memilki hak cipta atau paten.

Nantinya ada lagu yang betul-betul free, atau dijual (melalui unduhan) dengan harga murah antara Rp500 hingga Rp1.000 per lagu. Hasil penjualan tersebut harus memberi keuntungan bagi para kreator lagu maupun penyedia layanan. "Sehingga kreator bidang musik tidak mati langkah. Mereka perlu diberikan keuntungan," ujarnya.

Tifatul juga mengimbau supaya musik yang dijual tidak terlalu mahal. Caranya bisa melalui kartu kredit atau potong pulsa. "Dengan Rp500 hingga Rp1.000 orang enggak akan keberatan," pungkasnya.

(tre)



http://faktabukanopini.blogspot.com/

Pemblokiran 4Shared Merugikan Sebagian Musisi

Rencana penutupan situs 4shared oleh pemerintah tak menghapus pembajakan melalui online. Bahkan menurut Denny Syahkrie akan merugikan sebagian musisi.

Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring memberikan isyarat pemerintah segera memblokir situs unduhan musik yang dianggap ilegal. Sasaran utama situs besar seperti 4shared.com.

"Sekarang belum ada yang diblokir. Rencananya yang akan diblokir situs-situs top, misalnya 4shared," Tifatul ditemui usai launching mobil internet di Bandung, Jawa Barat, Senin (8/8/2011).

Menanggapi keputusan yang akan diambil pemerintah, Denny cukup menyayangkan karena para musisi yang tidak terikat dengan label akan kehilangan media promosi untuk lagu-lagunya.

“Lihat kepentingannya juga ya. Banyak diantara musisi kita yang menaruh karyanya disitus tersebut untuk promosi. Kalau 4shared dihilangkan ya mereka yang menggunakan sarana tersebut akan rugi,” tutur Denny, kepada okezone melalui telepon.


http://faktabukanopini.blogspot.com/


Diakui Denny pembajakan di Indonesia memang sudah sangat parah, sehingga banyak musisi yang dirugikan dengan adanya situs unduh lagu ilegal. Tapi dia mengingatkan, pembajakan tak akan berhenti walau sudah ada situs yang diblokir.

“Tapi banyak juga kan musisi yang lagunya diambil secara membabi buta oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kasihan musisi yang dibajak habis-habisan, setidaknya penutupan tersebut untuk mencegah terjadinya piracy (pembajakan). Tapi ya namanya pembajak yang satu ditutup, ada aja kan cara lainnya,” jelasnya.


http://jelajahunik.blogspot.com/2011/08/situs-4shared-akan-diblokir-menkominfo.html 

No comments:

Post a Comment