Wednesday, August 10, 2011

Pertolongan Pertama Jika Digigit Binatang

http://faktabukanopini.blogspot.com/ 
Binatang peliharaan seperti anjing atau kucing dapat bersahabat dengan pemiliknya. Tetapi terkadang binatang peliharaan itu bisa juga menggigit. Gigitan binatang peliharaan sering terjadi tiba-tiba. Anjing biasanya lebih sering mengigit ketimbang kucing. Namun gigitan kucing bisa lebih menyebabkan infeksi.

Berbagai macam penyakit dapat disebarkan melalui gigitan tersebut. Seperti dikutip dari mayoclinic, berikut pertolongan pertama yang dibutuhkan jika seseorang digigit seekor binatang.

Luka gigitan ringan
Jika gigitan binatang meninggalkan tanda di kulit dengan hanya sedikit luka dan tak ada kemungkinan bahaya rabies, maka tanganilah seperti layaknya menangani luka ringan. Cuci luka itu dengan sabun dan air. Gunakan krim antibiotik untuk mencegah infeksi, kemudian tutupi luka itu dengan perban yang bersih.

Luka gigitan yang dalam
Jika gigitan seekor binatang menyebabkan luka di kulit atau mengoyak kulit dan menimbulkan pendarahan parah, maka tekanlah luka itu menggunakan kain bersih yang kering guna mencegah pendarahan setelah langkah awal menghentikan pendarahan itu, kemudian segeralah hubungi rumah sakit terdekat atau dokter.

Gigitan yang menyebabkan luka infeksi
Jika anda mengetahui tanda tanda infeksi seperti, pembengkakan,nyeri,kemerahan segeralah hubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Luka gigitan binatang terindikasi rabies
Jika anda menduga gigitan disebabkan oleh binatang yang mungkin membawa virus rabies, segeralah hubungi dokter atau rumah sakit terdekat. Binatang yang diduga membawa virus rabies adalah liar atau binatang peliharaan yang status imunisasinya tidak diketahui. Dokter menyarankan bahwa binatang peliharaan mendapatkan sebuah suntikan tetanus-diphtheria setiap sepuluh tahun.

Gigitan dari binatang dan binatang liar yang tak terimunisasi membawa risiko penyakit rabies. Rabies biasanya lebih sering diperoleh dari rakun, bajing, rubah dan kelelawar ketimbang kucing dan anjing. Sedangkan kelinci, tupai atau biantang pengerat lainnya, binatang-binatang itu jarang membawa virus rabies.

http://www.lintas.me/go/4e42e50460e53704f100a493

No comments:

Post a Comment