Thursday, August 18, 2011

Bahaya Penggunaan AC Bagi Tubuh Manusia


http://faktabukanopini.blogspot.com/ 

Udara panas dan pengap seringkali membuat orang ingin memasang AC dan berharap udara menjadi sejuk. Memang, AC bisa membuat udara menjadi sejuk dan dingin. Tapi jika terlalu berlebihan memakainya, Air Conditioner ini juga berbahaya bagi tubuh.

Bahaya AC bagi tubuh manusia antara lain:

Menyebarkan virus dan kuman penyakit

Jika lama tak dibersihkan, AC bisa menjadi sumber penyebar virus dan kumat penyakit. Alasannya karena AC akan mengalirkan udara yang berada di lingkungan tersebut berulang-ulang.

Efek sampingnya bisa mengakibatkan peradangan pada hidung, rhinitis alergi, dan masalah pernapasan lainnya atau bahkan lebih parah.

Nyeri otot akibat AC juga sudah lagu lama. Sebaiknya gunakan selimut tebal agar tubuh tidak terkena AC secara langsung dan suhu tubuh tetap terjaga.

Sarang penyakit

Biasanya tetesan air yang dikeluarkan pada AC selalu diwadahi dengan wadah semacam ember. Hal ini sebenarnya tak masalah asalkan selalu dibersihkan setiap hari. Jika tidak dibersihkan secara berkala, kuman dan bakteri akan bersarang. Nyamuk pun bisa jadi ada di ember yang penuh dengan genangan air tersebut.

Sindrom gedung sakit

Sindrom ini termasuk sindrom jenis baru. Gejalanya antara lain mata mengalami iritasi, kulit kering, sakit kepala, gatal-gatal, sakit hidung dan atau tenggorokan serta pusing. Solusinya adalah banyak minum air putih serta memberikan kesempatan udara bebas keluar masuk dengan cara membuka ventilasi atau jendela.
Bahaya AC bagi tubuh manusia selain beberapa penyakit diatas juga bisa menyebabkan penyakit lain seperti obesitas.

Untuk mengatasi masalah kepanasan, AC merupakan salah satu jalan keluarnya. Gunakan AC secara bijak dan seperlunya saja. Jika berlebihan, tentu akibatnya tak baik bagi tubuh.

Dampak lain secara tidak langsung adalah jika seseorang di sekitar Anda kentut, baunya akan susah sekali hilang dan itu akan sangat mengganggu. Jadi jangan kentut di dalam ruangan ber-AC ya

http://gugling.com/bahaya-ac-bagi-tubuh-manusia.html

No comments:

Post a Comment